SEJARAH SINGKAT MTs. NEGERI CIJEUNGJING
1.Berdiri
Madrasah Tsanawiyah Negeri Cijeungjing Ciamis berdiri sejak tanggal 6 Maret 2009 dengan SK Menteri Agama Nomor : 48 Tahun 2009, yang sebelumnya bernama MTs Swasta Miftahussalam berdiri sejak tanggal 17 Juli 1993, diresmikan langsung oleh Bapak Kepala Kandepag Kabupaten Ciamis. Berdirinya MTs. Miftahussalam ini, tidak terlepas dari  prakarsa Bapak H. Ukim Setiadi (alm) dan Bapak Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam, setelah melihat banyak calon siswa yang berminat melanjutkan ke MTs. Darussalam, namun terbatasnya kelas, maka selebihnya ditampung di MTs. Miftahussalam, sebagai kelas jauh dari MTs Darussalam. Lambat laun setelah siswanya berkembang, maka menginjak tahun kedua, Bapak Pengasuh Pesantren Darussalam menganjurkan untuk berdiri sendiri.  Alhamdulillah pada tahun 1995 keluarlah izin operasional MTs Miftahussalam dari Kantor Departemen Agama Kabupaten Ciamis.

Seiring dengan perkembangan zaman, dan banyak pengurus serta para guru  yayasan  serta usulan orangtua siswa yang menuntut MTs. Miftahussalam supaya di negerikan, dengan alasan diharapkan dari segi sarana pendidikan akan semakin meningkat, serta nasib dewan gurupun akan semakin jelas nasibnya, maka Pada tahun 2003, Ketua yayasan ( H. Ukim Setiadi alm ) memerintahkan untuk membuat proposal usulan penegerian ke Departemen Agama, namun ternyata penegerian pada saat itu di fending. Pada tahun 2007 mengajukan kembali proposal, dan alhamdulillah pada awal 2009 keluarlah SK penergerian MTs. Miftahussalam menjadi MTs Negeri Cijeungjing. 


2. Visi, Misi, Strategi dan Target/Tujuan Madrasah
a. Visi :
    “Sekolah Masa Depan yang Islami, Populis dan Berkualitas”.

b. Misi
1.Meningkatkan kemampuan siswa untuk menghayati syari’at Islam.
2.Meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan semua pihak terutama dengan masyarakat lingkungan pendidikan.
3.Meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan.

c.Strategi
1.Menanamkan keimanan dan ketaqwaan bagi semua warga sekolah melalui pendidikan akademis maupun non akademis.
2.Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga terkait terutama dalam mempublikasikan lembaga pendidikan.
3.Lebih mengefektifkan proses belajar mengajar.

d.Target / Tujuan
1.Terlaksananya pengamalan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam segi akhlak keseharian, maupun lingkungan sekolah yang Islami.
2.Banyaknya siswa yang masuk serta diterimanya lulusan di berbagai sekolah baik Negeri maupun Swasta.
3.Peningkatan mutu akademik antara lain :
  Tercapainya target kurikulum 85% tiap mata pelajaran.
  Kenaikan rata-rata nilai ulangan umum 0,30 tiap mata pelajaran.
  Kenaikan rata-rata hasil ujian 0,20 tiap mata pelajaran.
4.Meraih kejuaraan ditingkat Kecamatan/Kabupaten/Propinsi untuk lomba:
  Mata Pelajaran
  Olahraga
  Keagamaan
  Drum Band

Post a Comment Blogger

 
Top