Saat ini masih banyak guru yang belum kreatif, Mereka hanya menjadi guru yang sebatas mengajar saja. Guru yang tidak kreatif apabila mengajar sudah 10 tahun, maka 10 tahun itulah dia mengulang materi yang itu-itu saja tanpa ada kreativitas di dalamnya, padahal setiap tahun tentu kita akan mengalami peserta didik yang tidak sama dengan tahun sebelumnya.  Pada Tahun 2013 Pemerintah akan memberlakukan Kurikulum baru 2013, jika mental dan karakter guru seperti di atas tidak kreatif, tentu perubahan  kurikulum sampai berkali-kali pun tidak akan ada manfaatnya.

Sebaliknya guru kreatif adalah guru yang tak pernah puas dengan apa yang disampaikannya kepada peserta didik. Dia berusaha menemukan cara-cara baru untuk menemukan potensi atau bakat unik siswa. Baginya, setiap tahun harus ada kreativitas yang dikembangkan dalam dirinya. Sehingga materi yang disampaikannya tak melulu itu-itu saja setiap tahunnya. Guru yang kreatif akan rajin membaca buku dan menemukan metode pembelajaran terbaru, dan tidak hanya ceramah melulu. Peserta didik benar-benar terlibat aktif dan terjadi interaksi dua arah di dalamnya. Murid senang, dan guru pun senang. Maka terjadilah pembelajaran yang mengasyikkan.

MTs Negeri Cijeungjing mencoba mulai tahun ini membuat langkah dan paradigma baru menyongsong diberlakukannya Kurikulum 2013, dengan cara setiap guru wajib melakukan model-model pembelajaran Kooperatif di kelasnya, mudah-mudahan langkah ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di MTsN Cijeungjing, dan dunia pendidikan pada umumnya.

Dalam sambutan nya kepala MTsN Cijeungjing Drs. H. Saeful Uyun, M.Pd.I kegiatan ini bertujuan Pembelajaran Kooperatif ( Cooperative Learning ) adalah merupakan salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kurikulum 2013, yang tentunya setiap guru wajib memahami sekaligus bisa melaksanakan pembelajaran tersrebut sekaligus untuk mengenalkan kepada masyarakat pendidik, bahwa MTsN Cijeungjing mulai tahun pelajaran 2013/2014, sudah menggunakan model-model pembelajaran Kooperatif, sesuai dengan visi MTsN Cijeungjing yang “ISLAMI, POPULIS dan BERKUALITAS”.

Kegiatan ini dihadiri sekaligus sebagai observer adalah Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Drs. H. Nur Mauludin, M.Pd  dan Pengawas Madrasah Hj. Ening Suningsih,M.Pd.I sekaligus didukung oleh Supervisor Kepala-Kepala  MTs Negeri Perwakilan MK2 Kab. Ciamis dan Kepala-Kepala MTsS di Lingkungan KKM MTsN Cijeungjing.



Post a Comment Blogger

 
Top